Semangat Hari Pahlawan!


Sumber Ilustrasi: www.batasnegeri.com

10 NOPEMBER adalah hari pahlawanan, sebuah peringatan dalam mengenang para pejuang tanah air, yang telah memperjuangkan eksistensi dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari penjajahan. Banyak para pahlawan yang tersiksa dengan jerit tangis, tumpah darah bertaburan, entah tidak tahu arahnya dan sampai mana darah mereka mengalir.

Di sadari atau tidak, tanah air ini benar-benar berdiri dari tumpah darah mereka yang berani mengorbankan jiwa mereka. Mereka tidak ingin kemerdekaan bangsa ini dirampas. Dengan semangat yang berapi-api mereka tak pernah mudur untuk melawan musuh. Serta tidak pernah takut untuk membela kebenaran. Walaupun nyawa adalah taruhannya. Sungguh benar-benar berhati cahaya pahlawan-pahlawan Indonesia terdahulu. Tak bisa kita bayangkan.
Lantas, apa hubungannya dengan kita di hari ini yang merupakan tanggal perobekan lambang Indonesia, yang terdahulu ada tiga macam warna dilambang Indonesia. Yakni, biru tepat dibawah warna putih. Sejak pahlawan-pahlawan kita mampu memerangi tentara Belanda. Maka, dari itu Ir. Soekarno, presiden pertama di Indonesia. Merobek warna biru tersebut. Sehingga, jadilah seperti sekarang MERAH-PUTIH.

Jangan Sekali-Kali Melupakan Sejarah (JASMERAH).” Kata Ir. Soekrno. Perkataan itu sungguh meneisik hati. Karena, betapa pentingnya sejarah. Sehingga, beliau berpesan untuk tidak melupakan masa-masa dimana Indonesia mengalami peperangan yang begitu menggersang hati nan pikiran. Lha, maka dari itu tugas kita tidaklah melenceng dari perkataan tersebut. Biar kita selalu mengenang sampai sepanjang masa yang tentunya akan adanya perubahan generasi untuk bangsa kita. Maka, supaya JASMERAH itu tetap terkokohkan dan terkenang sepanjang masa. Hendaklah kita berupaya menceritakan pada generasi-genersi muda Indonesia, dan juga, Marilah kita rayakan bersama hari kepahlawanan supaya tetap teringat sepanjang sejarah. Ya, melakukan hal yang mungkin bermanfaat. Namun, itu sederhana bagi kita semua. Baik itu dalam bentuk kepenulisan maupun berbentuk ulang tahun yang diadakan secara besar-besaran, ataupun cara yang lainnya. Yang terpenting itu ada perayaan.
Mumpung di hari kepahlawanan ini, kita setidaknya bisa merbuah kepribadian kita yang selama ini, penuh ketidak semangatan dalam berkarya, bekerja maupun yang lainnya. Nah, maka dari itu, marilah kita mulai sejak hari ini sebagai bentuk pengawalan akan prubahan kepribadian kita yang lebih baik. Walaupun hanya sedikit saja, tidak keseluruhan, yang terpenting ada perubahan gitu, iyakan?.

Masak kita tidak bisa merubah diri kita untuk bersemangat sedangkan yang akan kita hadapi tak seperti pahlawan kita, terdahulu. Akan tetapi, yang akan kita hadapi hanyalah selembar kertas, pena yang akan menumpahkan tinta membuat sejarah terus terukir sepajang masa, dan imajinasi yang terus berjalan untuk mengonsep apa yang akan menjadikan terus menjadi yang terbaik.

Mungkin hal yang seperti itu, tentunya tidaklah di pikirkan terlalu panjang. Karena, itu hal kecil yang akan kita hadapi, dan tentunya mampu untuk berjuang dengan  hal yang sangat sepele bagi kita, iya kan? Oke! Mari kita kobarkan semangat baru di hari kepahlawanan ini, sebagai bentu keemenangan kita dan sebagai penghargaan terhadap pahlawan kita yang penuh dengan kesemangatannya untuk memperjuangakan tanah air tercinta kita ini.
SELAMAT HARI  PAHLAWAN…!


*Aktifis FLP Ranitng Banyuanyar
Karya ini pernah dipublikasikan di banyuanyar.net

0 Response to "Semangat Hari Pahlawan! "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel